Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ra – Tentang Syukur

Syukur dengan lisan adalah nikmat yang besar. Manusia menanggung beban lebih besar ketika memperoleh nikmat dibanding ketika mengalami bencana. Bencana membutuhkan kesabaran, dan manusia mampu bersabar. Sedangkan kenikmatan perlu disyukuri, padahal Allah berfirman:
“Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” (QS. Saba[34]:13)

Ingatkah kita kisah Sayidina Ali kw dengan Sayidatuna Fatimaah. Pada malam pertama pernikahannya, Sayidina Ali kw berkata kepada Sayidatuna Fatimah, “Kita akan mensyukuri nikmat Allah ini.” Keduanya kemudian berdiri mengerjakan shalat malam. Begitu pula pada malam kedua dan malam-malam berikutnya. Setiap malam Sayidina Ali kw berkata, “Kita akan mensyukuri nikmat Allah ini.” Hingga akhirnya malaikat Jibril as datang menemui Nabi saw dan berkata,”Tolonglah menantumu dan putrimu.”

Begitu pula kisah lelaki shaleh (Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi – pen) yang selama 70 tahun setiap malam berkata kepada istrinya,”Kita akan memenuhi hak nikmat ini.” Lalu sepasang insan mulia itu shalat malam, padahal keduanya sedang saling menginginkan satu kepada yang lainnya.
“Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.”(QS. Al-Mukminun[23]:61).

Barangsiapa bersegera, ia akan memperolehnya. Dan barangsiapa tertinggal, kapan ia akan sampai jika Allah tidak menolongnya dengan kendaraan yang baik, yakni kendaraan yang dapat menyusul orang-orang yang bersegera tadi. Namun, orang yang bersegera tidaklah mungkin dapat disusul jika ia juga memiliki kendaraan yang baik. (Kitab Majmu’ Kalamil Habib Ali Al-Habsyi, 1358 H)[]

Sumber Tulisan:
*) Diketik ulang dari buku “Sekilas Tentang Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Muallif Simtud Duror” karya Novel Muhammad Alaydrus, Penerbit Putra Riyadi, Solo, 2000.

Sumber Gambar:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s